merawat baterai notebook agar awet

    Hampir semua notebook saat menggunakan rechargeable Litium ion (Li-ion).baterai jenis ini harus dirawat  dengan cara berikut:

1. isi penuh baterai sebelum dipakai agar baterai berumur panjang atau bisa digunakan dalam waktu yang lama .isi baterai sampai penuh sebelum dipakai untuk siklus pengisian pertama.dan kosong sepenuhnya sebelum kembali mengisi ulang.

2. kalibrasi baterai setelah beberapa bulan .hampir semua baterai notebook diciptakan dengan mikroprosesor internal yang memberikan perkiraan kondisi baterai,seperti kali diisi atau tidak . kapasitas muatan penuh ,dan beberapa kali siklus pengisian. kapasiata pengisian penuh ini akan menjadi sedikit tidak akurat setelah beberapa bulan.oleh karena itu perlu dilakukan kalibrasi  untuk membantu memulihkan kinerja baterai,

  beberapa notebook menyediakan alat pengukur  di aplikasi BIOS atau windows.jika notebook mu menyediakan satu dari 2 pilihan tersebut,ikuti 3 langkah berikut.

1. isi penuh baterai

2. ketika baterai sudah penuh,lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja. nonaktifkan/ disable semua warning options properties seperti shut down dan stand-by on hibernation saat baterai hanya 3% , tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.

3. sambungkan pusat listrik ke adaptor lagi dan isi ulang kembali baterai sampai penuh.

4. perhatikan kondisi sekitar,secara umum, baterai dapat bekerja optimal dalam suhu ruangan  berkisar 20 derajat celcius. menggunakan notebook dengan tenaga baterai di suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin bisa menurunkan kualitasnya.

5. simpan baterai jika tidak dipakai ditempat yang bersih,kering dan sejuk. pastikan baterai memiliki sisa daya sekitar 70%,selama penyimpanan, baterai akan melakukan self-discharge secara lambat. jadi jangan terlalu lama menyimpannya.

sumber; pc plus

0 Response to "merawat baterai notebook agar awet"

Posting Komentar